Cara Buat Dan Edit Subtitle Dengan Aegisub

membuat subtitle sebuah video bukanlah perkara gampang apalagi kalau kita tidak mengerti cooding dan kurang menguasai bahasa, namun ada juga cara mudah membuat subtitle yaitu dengan menggunakan software Aegisub. Software ini bersifat open source alias gratis dan bisa di download di website resminya Aegisub.org. Selain itu kita juga memerlukan translator untuk menerjemahkan bahasa asing, seperti google Translate.

Tutorial Membuat Subtitle Dengan Aegisub

Cara Pertama
Buka aplikasi Aegisub lalu Drag video yang mau diberikan subtitle atau bisa juga dengan mengclick opsi Video kemudian pilih open Video tunggu sampai proses load videonya selesai.

Selanjutnya memberi Credit pada subtitle yang kita buat contoh Traslator by Rihoen.com, caranya dengan menulis credit pada tab editor dan atur waktu berapa lama credit akan ditampilkan, icon drag berfungsi untuk memindahkan subtitle yang kita buat, jika sudah selesai, click tanda centang.Untuk lihat gambar dibah untuk lebih jelasnya.

Tutorial Aegisub
Lanjutkan cara diatas sampai semua percakapan dalam video terisi.

Cara Kedua

Cara pertama adalah yang paling susah karena kita menulis ulang semua subtitle dan mengatur timmingnya, dapat dikatakan inilah yang paling original tapi sangat sulit dilakukan. Pada cara kedua adalah yang paling mudah, kita mengedit subtitle dari bahasa lain menjadi bahasa indonesia.
  • Download subtitle bahasa lain, lebih bagus bahasa inggris tapi kalau ngak ada, bahasa apa saja boleh karena google translate bisa menerjemahkan bahasa apa saja.
  • Buka aplikasi Aegisub lalu pilih opsi File kemudian buka Open Subtitle. 
Cara Mengedit Subtitle Dengan Aegisub
  • Terjemahkan tiap baris kata kedalam bahasa indonesia, yang perlu di perhatikan adalah letak  hasil terjemahan harus harus tepat dimana kata tersebut diambil, kalau salah meletakkannya bisa jadi nanti tidak sesuai dengan timingnya.
  • Jika semua kata telah diterjemahkan selanjutnya simpan, dan subtitle pun dapat di gunakan

0 Response to "Cara Buat Dan Edit Subtitle Dengan Aegisub"

Posting Komentar